7 Life hack yang bisa bantu selamatkan nyawa saat dalam keadaan bahaya

SebarBerita – Hidup setiap orang memang memiliki resiko yang berbeda-beda. Namun pada kenyataannya bahaya yang mengancam keselamatan seringkali menimpa seseorang tanpa disadar-sadari.

Karenanya penting untuk mengetahui life hack yang sangat berguna pada saat-saat berbahaya. Berikut iniĀ dikutip dari Brightside, tujuh life hack yang bisa bantu selamatkan hidupmu saat dalam keadaan bahaya.

1. Uang, HP dan kunci.

Tiga benda ini harus selalu ada pada saat kamu pergi keluar. Kenapa penting? Kunci memastikan semua pintu rumah kamu tinggal dalam keadaan terkunci. Sedangkan dengan uang, kamu bisa gunakan untuk bertahan hidup dengan makanan atau pergi dari bahaya menggunakan transportasi berbayar.

Ponsel digunakan sebagai tambahan, dapat menjadi sarana untuk menyelamatkan nyawa orang lain juga. Misalnya untuk menghubungi layanan penyelamat dalam keadaan darurat.

 

 

2. Selalu perhatikan minimal 3 pintu keluar.

Kemana pun kamu pergi, baik itu konser, jalan-jalan atau bahkan ke sekolah, pastikan kamu melihat 3 pintu keluar. Perhatikan selalu ruangan dengan mata kamu sehingga meskipun hanya ada satu pintu, kamu akan menemukan setidaknya tiga jalan keluar lain.

Misalnya jendela yang besar atau ventilasi yang mudah dibuka. Mengapa penting? Karena jika terjadi sesuatu yang buruk, kamu akan terlambat untuk mencari jalan keluar. Jika kamu telah menemukan dan mengingatnya terlebih dahulu, kamu akan bisa bergerak ke arah salah satu dari 3 pintu keluar itu.

 

 

3. Game “find a bad guy”.

Sebuah permainan sepele yang menyenangkan yang bisa membuat kamu tetap aman. Bila ada banyak orang di sekitarmu, perhatikan baik-baik mereka. Siapa yang tampaknya terlalu gugup, terlalu marah, atau terlalu takut? Mengapa penting?

Karena intuisi kita jarang salah. Jika seseorang tampak berbahaya, mungkin memang begitu. Cobalah menjauhkan diri dari mereka saat intuisi itu muncul.

 

 

4. Hitung berapa kursi yang harus kamu lewati menuju pintu darurat pesawat.

Setelah menduduki tempat duduk kamu, hitung baris dari tempat kamu duduk ke pintu keluar darurat terdekat dan perhatikan nomornya. Mengapa penting?

Karena jika ada asap, pencahayaan darurat bisa terlalu redup untuk membimbing kamu ke pintu keluar. Bila kamu tahu pasti jumlah baris di antara tempat duduk dan pintu keluar, kamu bisa bergerak ke arahnya sambil menghitungnya tanpa melihat nomor kursi.

 

 

5. Selalu kuatkan jari tanganmu.

Jika kamu pernah mencoba melakukan chin-up, kamu pasti tahu rasa pergelangan tangan kamu yang cepat lelah. Lakukan latihan pergelangan tangan setiap hari dengan bantuan pegangan tangan chin-up ini. Mengapa penting?

Karena ada banyak situasi darurat, di mana kamu mungkin perlu berpegang pada bidang-bidang tertentu dengan tanganmu agar selamat. Cengkeraman yang kuat dan otot pergelangan tangan terlatih akan memungkinkan kamu tetap aman hingga datangnya pertolongan.

 

 

6. Jangan tundukkan kepalamu dan ambil HPmu pelan-pelan.

Orang cenderung secara naluriah menurunkan kepala mereka dan meningkatkan kecepatan mereka saat mereka merasakan bahaya. Namun, kamu harus melakukan yang sebaliknya: percaya diri mengangkat dagu kamu, dan bergerak melambat saat merasa bahaya. Mengapa penting?

Karena jika kamu mengikuti naluri pertama kamu, kamu sangat berpotensi menjadi mangsa. Siapa atau apa pun yang mengancam kamu, melambat, mengangkat kepalamu serta melihat ke samping untuk melihat bahaya, kamu bisa menggunakan ponselmu untuk meminat bantuan tanpa ketahuan.

 

 

7. Terjebak dalam mobil yang tercebur ke air.

Untuk keluar dari mobil yang tenggelam, pertama-tama yang dilakukan melepas sabuk pengaman. Orang biasanya lalu akan membuka pintu, padahal itu adalah hal yang tidak mungkin karena tekanan di luar mobil lebih tinggi dibanding dengan di dalam. Sehingga yang perlu kamu lakukan adalah membuka jendela kamu, atau jika tidak bisa maka hancurkan kaca samping dengan alat khusus atau benda berat.

Mengapa penting? Karena kamu sebenarnya hanya punya waktu satu menit untuk melarikan diri dari keadaan mobil yang tercebur. Karena kamu hanya akan buang-buang waktu jika mencoba membuka pintu yang tidak mau bergerak karena tekanan air.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s