Program Diet Tepat, Awal Langkah Hidup Sehat

SebarBerita – Punya berat badan ideal, ditambah dengan asupan nutrisi yang tepat adalah kunci sukses menuju pola hidup sehat. Memilih makanan kaya gizi dan serat pun kini sudah menjadi hal penting, apalagi banyak diantara masyarakat yang sadar untuk terus menjaga kesehatan dirinya di masa yang akan datang.

Berbagai cara diupayakan, seperti rajin berolahraga, mengonsumsi makanan kaya protein dan gizi, hingga menerapkan program diet. Namun, banyak orang yang salah kaprah mengenai arti diet itu sendiri dan tak jarang malah menimbulkan berbagai macam penyakit, contoh; Anoreksia, penyakit lambung dan pencernaan, hingga keadaan kulit yang tidak sehat.

1. You Are What You Eat.

Hidup sehat dimulai dari belajar memilih asupan makanan dengan cara yang tepat. Coba ganti kebiasaan ngemil kamu dengan makan buah-buahan. Bagi kamu yang aktif bekerja di kantor sehingga jarang memiliki waktu luang, siasati dengan mengonsumsi buah potong yang bisa dicampur dengan yogurt, serta membatasi garam, gula dan makanan gorengan.

 

 

2. Diet Tak Kenal Waktu, Kesehatan Terganggu.

Menerapkan program diet, sah-sah saja dilakukan selama kamu mengikuti aturan yang ada. Namun, ada orang-orang yang menginginkan tubuh bugar dan singset dengan jangka waktu singkat. Ini tentu salah, karena jika penyerapan nutrisi tak tercukupi sesuai standarisasi, makan akan berdampak negatif bagi kesehatan.

 

 

3. Makanan Sehat Untuk Diet Tepat.

Kita semua tahu bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung nilai gizi baik dapat membantu Anda mempertahankan berat badan ideal dan menghindari masalah kesehatan. Banyak peneliti mengemukakan bahwa makanan olahan dari daging merah, kemasan, junk food, dan makanan ringan seperti camilan dengan tingkat gula serta garam yang tinggi, bisa memicu depresi, stres, gangguan bipolar, serta kecemasan.

Untuk itu, akan jauh lebih baik jika kamu makan lebih banyak buah dan sayuran, makanan yang dimasak sendiri dari rumah, dan mengurangi asupan lemak serta gula. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan adalah membantu meningkatkan mood dan menurunkan risiko kesehatan mental.

 

 

4. Ayo, Coba Diet Mayo!

Kamu pasti kenal dengan program diet Mayo. Diet Mayo merupakan program diet yang digagas oleh Mayo Clinic’s U.S.A dengan tidak mengonsumsi makanan mengandung garam yang dilakukan selama kurang lebih 13 hari (2 minggu).

Beberapa orang yang pernah mencoba diet ini pun mengakui jika mereka berhasil menurunkan bobot tubuhnya hingga 4-5, bahkan 7 kilogram selama melakukan diet 13 hari, serta berhasil menyusutkan ukuran lingkar pinggangnya hingga 5-8 cm.

 

 

5. Menu Baru Diet Mayo Buat Kamu.

Ayo, mulai ubah kebiasaan pola makanmu dari sekarang. Saat kamu memiliki keinginan untuk makan camilan di kulkas, atau sekedar iseng memesan kentang junk food yang gurih, ingat lagi bahwa kamu saat ini sedang dalam proses menuju hidup sehat.

 

Sarapan

Ganti susu yang kamu konsumsi menjadi susu skim non fat. Ganti sarapan dengan sereal gandum yang bisa dikombinasi dengan buah-buahan segar. Ganti konsumsi yoghurt biasa dengan Yoghurt yunani bebas lemak.

Makan Siang

Ganti konsumsi roti putih dengan roti berbahan gandum kaya serat. Kurangi konsumsi butter, keju, serta makanan karbohidrat lain yang mengandung garam tinggi. Konsumis salad tuna dengan roti sandwich gandum tanpa mayonaise.

Makan Malam

Konsumsi mashed-potato yang dikombinasi dengan susu dan butter rendah lemak. Untuk konsumsi daging merah atau putih, potong daging tipis-tipis. Kurangi penggunaan minyak goreng untuk menumis. Mulai gunakan olive oil atau minyak bebas lemak untuk memasak.

6. Siapkan Dirimu Untuk Jadi Kamu yang Baru.

Inilah Saat yang Tepat Untuk Hidup Sehat. Bagaimana membiasakan pola hidup sehat setiap hari?

1. Pikirkan alasan utamamu untuk makan lebih sehat. Apakah kamu ingin meningkatkan kesehatan?      Apakah kamu ingin merasa lebih baik? Apakah kamu mencoba untuk memberikan contoh bagi anak-anakmu kelak?

2. Apa saja perubahan kecil yang kamu lakukan demi menjaga kesehatan?

3. Jangan pernah mencoba mengubah semuanya sekaligus untuk mencapai hasil instan. Hey, your body is not a machine!

4. Kuatkan tekadmu untuk terus berolahraga minimal 30 menit setiap hari, dan konsumsi makanan kaya gizi dan serat.

5. Jika mau, coba menu vegetarian selama 1 minggu. Kamu bisa memperoleh resep lezat untuk menu vegetarian yang diinginkan.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: