8 Hobi ini perlu ketekunan

SebarBerita – Kamu pasti punya hobi kan, guys? Ngaku deh, kalau sudah hobi, melakukan hal yang sama terus menerus pun nggak bakal bikin kamu bosan. Dari mulai bersepeda, berkebun, hobi baca komik, atau apa pun itu meskipun kelihatannya biasa tapi kalau sudah menjadi kesenangan, bakal bikin bahagia dan bisa merelaksasi pikiran dari kepenatan kegiatan sehari-hari yang padat. Nah, tapi sedikit berbeda dengan beberapa hobi berikut ini.

Beberapa hobi berikut ini selain membantu melepaskan penat, ternyata juga mengasah kreativitasmu, lho. Kendati agak rumit dilakukan, tapi kalau kamu telaten menekuninya dan menjadi mahir, bukan nggak mungkin justru berkembang menghasilkan pundi-pundi uang. Bahkan kalau kamu rajin memasarkannya di media sosial, seperti Instagram (IG) yang lagi digilai banyak orang, postinganmu bakal banjir love, follower, dan karyamu makin dikenal luas. Keren nggak tuh?

Nah, penasaran sama hobi-hobi unik dan kreatif ini? Simak yuk deretannya yang diolah dari berbagai sumber.

1. Melukis watercolor.

Melukis watercolor atau melukis dengan menggunakan cat air mungkin cukup sulit untuk pemula, tapi akan menjadi menyenangkan dan bikin kamu tambah keren kalau sekalinya kamu bisa menguasainya.

Nah, setelah itu kamu bisa unggah ke IG buat dipasarin ke temen deket, temen kuliah dulu, temen nongkrong, bahkan keluarga pacarmu. Jangan lupa kasih hashtag menarik supaya orang ngelove postinganmu. Kalau banyak orang tahu, perlahan karyamu ini bisa laku, di samping followermu juga bakal nambah tiap harinya.

 

 

2. Wood carving.

Wood carving adalah bentuk pengerjaan kayu dengan menggunakan alat pemotong (pisau) atau dengan alat ukir kayu menghasilkan bentuk baru pada kayu, atau patung berbahan kayu. Meskipun rumit, tapi kalau kamu bisa menekuninya, bisa kamu pasarkan dan mengisi dompetmu.

Boleh juga kamu ikutkan dalam pameran kesenian atau foto-foto hasil karyamu kamu ikutkan lomba fotografi di IG, bisa banjir love pastinya. Karyamu pun bakal dikenal banyak orang, deh.

 

 

3. Membuat anting tassel.

Zaman sekarang kalau nggak hits nggak keren, ya? Nah, cewek-cewek di luar sana lagi seneng sama yang namanya aksesori, nih. Kamu bisa ambil peluang dengan membuat anting tassel yang berbahan benang. Meski terlihat rumit, kamu pasti merasa puas setelah berhasil bikin, kan?

Selanjutnya, kamu bisa tuh posting di IG pakai hasil foto paling yahud. Kasih sentuhan filter foto VSCO dikit bolehlah, ya. Selain itu, pastikan kamu pakai hashtag buat mengundang banyak orang lihat, ngelove, bahkan tertarik beli hasil karyamu.

Soal patokan harga, kamu bisa kepo atau tanya ke temen deket atau kenalan yang sudah ahli berdagang barang serupa, mengenai harga pasarannya.

 

 

4. Sulam Cross-stitch atau setik silang.

Beda dengan sulam biasanya, sulam yang satu ini pakai setik silang itu lho, guys. Hobi yang satu ini disebut juga kruistik. Kruistik adalah salah satu jenis sulaman yang memakai jahitan benang yang bersilangan (membentuk huruf X) di atas kain tenunan sejajar.

Karya seperti ini bisa jadi kado unik untuk orang terkasih. Soalnya, dilihat dari tingkat kesulitan bikin karya ini, nggak semua orang bisa melakukannya. Nah, kamu bisa manfaatin peluang ini untuk menunjukkan kamu bisa berkarya sekaligus menghasilkan uang dari sini.

Kamu bisa memasarkan keahlianmu ini dengan bikin berdasarkan permintaan atau memang sudah menyediakan model-model kruistik tertentu. Tentu saja, kamu wajib memaksimalkan media sosialmu, seperti IG yang punya fitur display foto-foto epik dan jadi favorit banyak orang saat ini. Biar makin banyak yang tahu karya kerenmu.

 

 

5. Membuat bunga kertas.

Jangan buang kertas yang tak terpakai karena bisa kamu manfaatkan menjadi satu kreasi hiasan rumah berupa bunga kertas. Selain itu juga bisa jadi penghias dekorasi acara-acara tertentu, semisal ulang tahun atau bahkan pernikahan.

Kelihatannya rumit dan memakan banyak waktu, tapi sekalinya kamu bisa membuat karya satu ini, rasa puas bakal terasa banget. Terus kalau kamu rajin mengunggah hasil karyamu ke IG, siapa tahu kan jadi banjir love dan orderan. Untuk awalan, kamu juga bisa tuh tawarin temen atau saudara untuk dekorasi acaranya sekalian jadikan mereka endorser biar pangsa pasarmu meluas, guys.

 

 

6. Hand-lettering.

Kamu yang punya tulisan bagus, bisa tuh manfaatkan untuk mencoba hobi satu ini. Hand lettering adalah seni menggambar huruf atau kata yang dibuat semenarik mungkin. Hand lettering sendiri digambar dengan tangan menggunakan peralatan gambar seperti pensil, drawing pen, brush pen dan masih banyak lagi.

Sekarang ini seni menulis hand lettering lagi banyak digandrungi. Selain bisa menjual hasil karyamu ini, kamu bisa lho menyediakan hand lettering kit recommended buat mereka yang mau belajar seni serupa. Jadi, nggak cuma banjir love di IG setelah kamu sering posting karyamu, rezeki uang juga bakal menghampirimu, guys.

 

 

7. Membuat karya dari botol plastik bekas.

Membuat karya baru dengan memanfaatkan botol plastik bekas juga bisa kamu coba dan tekuni sebagai hobi. Lebih rumit dari hobi pada umunya, tapi sekali kamu bisa, kamu bakal kagum banget sama hasil karyamu sendiri, apalagi kalau kamu unggah ke IG, dijamin nambah followers deh!

Bisa juga kamu jual ketika ada bazaar atau event tertentu. Selain kamu memperkenalkan karyamu, siapa tahu ada yang ngelirik niat beli, kan?

 

 

8. Bikin ilustrasi yang jadi kaus dan totebag.

Bikin kaus dan totebag-mu nggak ada duanya? Bisa banget dengan cara membuat ilustrasi di kaus dan totebag tersebut. Kamu yang jago bikin gambar bisa banget menekuni hobi itu. Memang sulit sih, tapi kalau kamu telaten menekuni, wah… selain banjir love dan follower IG, lama-lama rezeki mengalir lancar tuh.

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s