Heboh Pramuka Makan di Tanah

b2ec69e9-c68d-4f06-a775-03d9f2acf0d2_169.jpg

SebarBerita – Sebuah foto anggota Pramuka yang makan di atas tanah bikin heboh jagat media sosial. Anggota Komisi X DPR, Dadang Rusdiana menganggap kelakuan itu harus diluruskan.

“Ini kan warisan perpeloncoan yang masih melekat pada pola pembinaan remaja, ekstrakurikuler, yang perlu diluruskan. Apalagi yang namanya Pramuka sesuai dengan kesejarahannya adalah pola pembinaan yang menekankan pada ‘learning by playing”, anak-anak didorong untuk bersukacita, mencintai alam dan hidup tertib serta bersih,” kata Dadang melalui pesan singkat.

“Dengan demikian pembinaan Pramuka dengan makan di tanah adalah sungguh keliru. Kita harus mengubah pola-pola seperti itu dengan kegiatan yang lebih konstruktif lagi,” sambungnya.

Ada hal-hal lain yang menurutnya perlu dikoreksi, termasuk soal pembebanan fisik yang berlebihan pada peserta. Output pendidikan berupa siswa yang kuat fisik dan mental memang diperlukan, namun harus diperoleh dengan cara yang kreatif.

Dadang mengingatkan bahwa Pramuka harus mengembangkan pendidikan budi pekerti yang baik dengan menggunakan pendidikan bermain, cinta alam, dan cara lain yang mendidik. Metode yang dijalankan juga harus menyenangkan.

“Jadi diperlukan reorientasi kepelatihan dalam Pramuka agar sejalan dengan tuntutan zaman,” ungkap Dadang.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Ahdyaksa Dault memberi penjelasan terkait foto itu. Menurut Adhyaksa, foto yang mendapat kritik keras tersebut bukan bagian dari pendidikan dan pembinaan di Gerakan Pramuka. Dia dapat memastikan pembina kegiatan tersebut belum memenuhi kualifikasi pelatih dan pembina Pramuka.

“Saya tegaskan ini bukan bagian dari pendidikan dan pembinaan di Gerakan Pramuka, saya sangat menyayangkan ini. Saya pastikan bahwa pembina kegiatan tersebut belum mengikuti atau memenuhi kualifikasi pelatih dan pembina Pramuka,” ujar Adhyaksa dalam keterangannya di Instagram adhyaksadault.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s