Tim Penyelam Gabungan Mendata Lagi Kerusakan Karang di Raja Ampat

e238f4a1-406a-492f-bd7f-f0aca9c1916c_169.jpg

SebarBerita – Tim penyelam gabungan dari berbagai instansi, hari ini kembali melakukan penyelaman di lokasi karang yang rusak akibat kapal pesiar Inggris MV Caledonian Sky. Penyelam melakukan pendataan.

Sebagian tim penyelam bersama dengan Dirjen Pengendalian Kerusakan dan Pencemaran Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Karliansyah berangkat dari Pelabuhan Rakyat Sorong menggunakan kapal navigasi KN Kofiau.
37ed4108-da88-4540-bcb5-a32a5311480c_169.jpg

Setelah melakukan perjalanan selama lebih kurang 3 jam, tibalah mereka di satu titik. Di sana, sebagian lagi tim penyelam berkumpul di KN Kafiau dan melakukan briefing. Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati juga hadir dalam kegiatan ini.

Tim kemudian turun dari KN Kafiau ke kapal kecil (speedboat) untuk menuju lokasi penyelaman. Ada sekitar 3 speedboat yang membawa total 6 penyelam.

Setelah sekitar 10 menit berkayat, tibalah di titik di mana kapal MV Caledonia Sky kandas dan menghantam karang yang ada di sana.

Penyelam masuk ke air. Ada sekitar 30 menit mereka di dalam air. Kemudian naik ke permukaan.

d5553eab-b149-45ce-bc4c-a3b42088aa2e_169.jpg

Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Sorong, Johnny Rumbu Silalahi mengatakan, sudah lebih dari tiga kali penyelam melakukan pendataan langsung ke dasar laut.

“Sudah lebih dari tiga kali tim melakukan pendataan, dan datanya berubah terus, semakin luas kerusakan yang kita temui,” katanya. Jhonny sendiri termasuk dari salah seorang penyelam di tim gabungan ini.

Saat ditanya ke penyelam lain, aktivitas yang dilakukan mulai dari mengukur luas kerusakan karang, mendata jenis karang yang rusak dan mendata titik-titik kerusakan dan mendokumentasikan kerusakan tersebut. Bahkan, ada salah seorang penyelam yang sempat menunjukkan ke atas serpihan karang yang hancur karena lempengan besi kapal pesiar asal Inggris tersebut.

bae1ccfe-a9e3-4104-a9a8-4eb580c6f58a_169.jpg
“Untuk sementara, kami dan teman-teman assesment ini untuk lebih jelas. Kita masih kumpul data, mengambil point sampling untuk dianalisis,” kata salah seorang penyelam bernama Rudy.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s