Cara kakek asal China saat menjamu tamu ini unik banget

SebarBerita – Seorang pria asal China memiliki cara unik ketika menjadi pelayan untuk menjamu para warga desa yang berada di bagian barat daya China. Sejak 38 tahun lalu, Chen Dhangfa menyajikan makanan Sichuan membawa hidangan tersebut dengan cara yang tak biasa. Pria berusia 66 tahun ini dapat membawa lebih dari 10 hidangan di nampan sepanjang dua meter tanpa pernah menjatuhkannya sekalipun.

Dilansir dari laman Mirror, untuk melakukannya, Chen memakai sepasang sandal jerami, handuk putih yang melilit di kepalanya dan nampan sepanjang dua meter yang beratnya sekitar 10 kilogram.

“Saya telah belajar keterampilan ini sejak masih berusia 27 dan membawa puluhan ribu mangkuk setiap tahun dan saya tidak pernah memecahkan satu hidangan pun,” kata Chen.

Ternyata menyajikan makanan di kepala adalah tradisi 200 tahun yang dapat ditelusuri kembali ke dinasti Qing dan Chen generasi ke-9. Tradisi ini disebut ‘Da Pen’ hanya ditemukan di desa Xiantan di provinsi Schuan, China.

Chen sering diundang oleh penduduk desa untuk melakukan perjamuan pernikahan dan festival lain di mana ratusan tamu berpesta di jalan desa.

Dia mengatakan kepada wartawan bahwa sandal jerami yang anti slip dan handuk sekitar kepala dapat menstabilkan nampan. Sebanyak 300.000 mangkuk pernah ia bawa.

“Aku memakai ini, tidak peduli itu musim dingin atau musim panas, itu membantu saya untuk membawa makanan dengan mudah,” katanya.

Sekali menyajikan makanan, ja membawa 10 makanan sekaligus dalam satu nampan. Chen telah dilatih untuk membawa segala macam masakan, termasuk hidangan daging berat dan sup.

Menurut Biro Kebudayaan Hejiang, ‘Da Pen’ adalah sebuah tradisi yang dimulai pada tahun 1700. Ini diciptakan untuk melayani makanan kepada konsumen dalam waktu yang lebih singkat selama jamuan makan.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s