Ketatnya Pengamanan di DPR Jelang Kedatangan Raja Salman

71476426-c480-46fe-a2c6-7179473def59_169.jpg

SebarBerita – Pengamanan di Kompleks Parlemen hari ini sangat ketat. Ini disebabkan rencana kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke DPR untuk menyampaikan pidato politiknya.

Pantauan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/3/2017), pengamanan sudah dilakukan sejak pagi hari. Namun memasuki waktu siang hari, keamanan semakin diperketat.

Tak sembarang orang bisa naik ke Ruang Sidang yang berada di lantai 3, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen. Bagi mereka yang tidak memiliki akses ID, petugas tidak mengizinkannya masuk.

Di lantai satu kini sudah steril. Petugas yang sudah berjaga saat ini juga tidak mengizinkan pewarta untuk mendekat di lobi masuk tempat Raja Salman akan masuk ke ruang sidang.

3b30e367-6104-46b3-92dc-2dcd9c00a2a0_169.jpg
TNI/Polri telah mengerahkan 3.200 personel yang tersebar di berbagai lokasi tempat Raja Salman singgah. Ratusan Paspampres tersebar di ring satu atau di seputaran ruang sidang. Penyisiran sudah dengan anjing pelacak juga telah selesai dilakukan.

Untuk bisa masuk ke dalam ruang sidang, staf maupun jurnalis harus memiliki ID khusus. Tak semua mendapat ID khusus yang dikeluarkan Biro Pemberitaan DPR tersebut.

Di depan ruang sidang, alat X-Ray dipasang untuk memeriksa barang-barang tamu undangan. Ada belasan Paspampres yang mengecek kedatangan tamu.

Akibat ketatnya pengamanan ini, akses bergerak di sekitar ruang sidang cukup sulit dilakukan. Setidaknya ada 1.400 tamu yang diundang oleh pihak DPR.

2baa62f0-fa12-412e-aeb4-b4b689e8220c_169.jpg
Hal yang menyulitkan lainnya adalah, tak disediakan layar di depan sidang untuk memantau acara di dalam. Layar TV disediakan di Gedung Nusantara III yang letaknya jauh dari ruang sidang.

Meski acara baru dimulai pukul 13.00 WIB nanti, sejumlah tamu sudah ada yang datang. Sebagian akhirnya kembali turun. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah baru saja melakukan pengecekan terakhir. Menurutnya semua sudah berjalan dengan baik.

“Sudah oke, tadi mengecek posisi duduk. Sudah ada koordinasi antar-protokoler,” ujar Fahri.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s