Jokowi Targetkan Investasi Rp 39 T dari Australia

9f46c91f-4309-4ca9-8011-78b80e691d2d_169.jpeg

SebarBerita – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Australia. Ditargetkan investasi masuk ke Indonesia dari negeri kanguru tersebut bisa mencapai US$ 3 miliar atau sekitar Rp 39,9 triliun (kurs Rp 13.300/US$).

Demikianlah disampaikan Kepala BKPM Thomas Lembong usai pertemuan di Hotel Shangri-La Sydney, Australia, seperti dikutip Minggu (26/2/2017).

“Total investasi yang kita targetkan itu kira-kira di atas US$ 3 miliar atau Rp 39 triliun tiga-lima tahun ke depan dan kalau bisa realisasikan itu, merupakan loncatan yang luar biasa dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Investasi tersebut dimungkinkan datang dari berbagai sektor. Di antaranya adalah pertambangan, pariwisata termasuk perhotelan, hingga ritel makanan dan minuman. Beberapa investor besar di sektor tersebut ada di Australia.

Pimpinan perusahaan tersebut sudah sempat ditemui Jokowi saat baru tiba di Australia. Ada dua asosiasi pengusaha dan 10 pimpinan perusahaan besar yang hadir didampingi oleh pemerintah Australia.

“Sektornya cukup beragam dari pertambangan, khususnya pertambangan emas, yang jumlah investasinya besar. Itu membantu kami mengejar target, di pertambangan emas itu nilainya Rp 7-13 triliun per perusahaan, ada dua perusahaan yang sedang menggarap di tambang emas,” paparnya.

Thomas memaparkan untuk sektor pariwisata, sebenarnya sudah dimulai dalam beberapa waktu terakhir. Wilayah incaran investor adalah Raja Ampat, Papua dan Lombok. “Sampai di bidang pariwisata, terutama di pariwisata bahari, Australia sangat kuat, punya budaya, mereka suka naik perahu berlayar untuk liburan,” terang Thomas.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s