Pagi vs Malam, Manakah Waktu yang Paling Efektif untuk Belajar?

SebarBerita – Mungkin kamu pernah merasa bingung untuk memilih waktu belajar yang baik. Ada yang memiliki waktu terbaik untuk belajar ketika pagi hari dan ada yang hanya bisa berkonsentrasi penuh ketika malam hari. Lalu manakah yang lebih efektif?

Ada beberapa keuntungan dan kerugian belajar di pagi hari. Seperti, ketika bangun tidur di pagi hari, kita memiliki lebih banyak energi dan kemampuan berkonsentrasi yang lebih tinggi yang dapat membuat kita menyerap lebih banyak informasi dengan tajam. Selain itu, jika jadwal ujian berlangsung dipagi hari, maka belajar dipagi hari memiliki kemungkinan untuk mengingat apa yang telah dipelajari.

Selain itu, cahaya alami yang didapatkan dari sinar matahari sangat bermanfaat untuk merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Jadi, jika kamu bisa mengontrol diri untuk bangun pagi lebih awal, belajar di pagi hari cocok untukmu. Kecuali jika kamu tidak bisa mengontrol waktu tidur dan bangun sesuai rencana.

Bagi kamu yang memiliki waktu belajar dipagi hari, perhatikan suasana ruangan agar mendapatkan cahaya matahari, karena sinar matahari ini akan membuat kamu untuk lebih fresh dan berguna bagi kesehatan. Selain itu, jauhkan diri dari TV dan gadget yang akan membuatmu lalai. Dan jika kamu hanya bisa belajar jika ada musik, maka sebaiknya pilih musik yang bisa bikin kamu semangat.

Karena musik yang beralur melow memilik kemungkinan untuk membuat kamu mengantuk. Tidak lupa juga memperhatikan sarapan yang bernutrisi dipagi hari, yang akan berguna untuk meningkatkan energi dan fokus. Dan yang tidak kalah pentingnya, tetapkan apa yang ingin kamu pelajari. Misalkan membaca halaman sekian, mencari jurnal ini itu, dll. Agar waktu belajarmu terealisasi dengan optimal.

Selanjutnya, bagi kamu yang memilih belajar dimalam hari, juga memiliki keuntungan dan kerugiannya sendiri yang harus kamu perhatikan. Setiap orang pada umumnya beraktivitas dari pagi hari hingga sore hari atau sebelum mencapai tengah malam.

Jadi, jika kamu memilih belajar dimalam hari, kamu dapat belajar dengan tenang dan damai karena hanya ada kamu dan burung hantu. Sehingga, tidak ada suara bising dan riuh seperti pada pagi hari dan juga tidak memiliki kemungkinan untuk menarikmu berada dimedia sosial.

Selain itu, belajar dimalam hari sangat berguna bagi kamu yang hanya bisa meningkatkan kreatifitas dan memunculkan ide pada malam hari. Namun pastinya sangat melelahkan jika sebelumnya mengikuti kegiatan yang behubungan dengan fisik, seperti olahraga.

Bagi kamu yang memilih belajar dimalam hari, jangn lupa perhatikan waktu istirahat. Memilih belajar dimalam hari, artinya kamu akan mengorbankan jam tidur biologis. Bagaimanapun, tubuh dan pikiran dan pikiran yang sehat merupakan kunci belajar yang optimal. jadi, perhatikan kebutuhan tubuh dan pikiranmu.

Kamu juga bisa melakukan istirahat selama beberapa menit. Karena belajar ketika malam hari lebih mudah untuk membuatmu lelah, dan pastikan untuk minum yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi.

Jadi, manakah yang lebih efektif? setiap orang memiliki tubuh dan pola pikiran yang berbeda. Hanya kamu yang bisa menentukan kapan waktu terbaik untuk kamu belajar. Namun kapanpun itu, jangan lupakan kebutuhan tubuh dan pikiran.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s