16 Foto perbedaan benda jika dilihat dengan mata normal dan buta warna

SebarBerita – Tuhan menciptakan panca indera untuk melihat. Namun Tuhan selalu punya porsi terbaik untuk masing-masing individu. Tuhan memberikan kedua bola mata indah dengan keadaan beragam. Keadaan normal seperti pada umumnya atau keadaan kurang sempurna.

Mungkin bagi sebagian besar kamu tergolong memiliki mata normal. Akan tetapi, ada juga yang memiliki mata tidak sempurna atau biasa disebut mengalami buta warna. Dilansir dari laman color-blindness disebutkan sekitar setengah persen dari wanita mengalami buta warna atau satu dari 200 wanita. Sedangkan laki-laki pengidap buta warna sekitar 8 persen atau satu dari 12 laki-laki menderita buta warna.

Buta warna memiliki beragam jenis di antaranya Anomalous Trichromacy (buta warna turunan), Dichromacy (buta warna karena kelainan sel kerucut), dan Monochromacy (buta warna karena sel kerucut tidak berfungsi).

Pernahkah kalian merasakan bagaimana kondisi dari penderita buta warna? Sebaliknya, orang yang menderita buta warna akan bertanya warna seperti apa yang dilihat seorang normal? Kali ini rasa penasaranmu akan terjawab.

Pada artikel ini, ada perbandingan foto benda yang dilihat mata normal dan buta warna. Buta warna pada artikel ini lebih kepada jenis Dichromacy atau adanya kelainan pada sel kerucut. Sel kerucut merupakan sel batang yang terletak pada retina. Dimana fungsinya untuk menerima dan memproses sinyal cahaya dan warna.

Buta warna tipe Dichromacy ini masih terbagi menjadi tiga jenis lagi, di antaranya Deuteranomaly (mata lemah warna hijau), Protanopia (mata lemah warna merah, orange, dan kuning), dan Tritanopia (mata lemah warna biru dan kuning). Sedangkan mata normal mampu menerima sinyal cahaya dan normal secara sempurna.

Dilansir dari Designswan, berikut 16 foto perbandingan benda yang dilihat mata normal dan buta warna. Coba cek bareng-bareng yuk!

 

1. Perbandingan dengan objek bunga.

 

2. Mata normal lebih banyak warna, sedangkan buta warna hanya dominan salah satu warna.

 

 

3. Perbandingan gambar pemandangan.

 

4. Gambar pemandangan lagi.

 

5. Sekarang bisa membedakannya.

 

6. Apa yang dilihat berbeda-beda.

 

7. Kondisi matamu bagaimana?

 

8. Perbandingan gambar yang lebih berwarna.

 

9. Perbandingan gambar makanan.

 

10. Ini contoh perbandingan makanan lagi.

 

11. Apa warna yang kamu lihat?

 

12. Sekarang bisa merasakan.

 

13. Gambar merak.

 

14. Gambar burung.

 

15. Gambar ikan.

 

16. Gambar kupu-kupu.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s