Cara agar bisa tidur cepat dan nyenyak

SebarBerita – Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur, hanya membolak balikkan tubuh selama berjam jam, sebelum akhirnya tertidur dengan gelisah. Hal ini bisa menyebabkan ftustasi, karena kurang jam tidur bisa membuat anda merasa lelah dan suka marah-marah pada keesokan hari nya. Sering kurang tidur juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, karena di anjurkan bagi orang dewasa untuk tidur berkualitas selama 7 jam pada malam hari. Namun tak perlu khawatir, karena ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengingkatkan kemampuan anda untuk bisa tertidur lebih cepat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Berikut tips dan cara bagaimana untuk anda bisa tertidur dengan cepat dan pulas :

1. Menjaga suhu ruangan yang tepat

Tempat tidur yang sejuk dan gelap akan membantu anda untuk tertidur lebih cepat dan tidur lebih baik. Memakai selimut adalah salah satu cara untuk mempertahankan kehangatan tubuh. Jika menderita hot flashes atau berkeringat di malam hari, ada hal-hal yang bisa anda lakukan agar tubuh anda merasa dingin. Kasur colling pad bisa menjaga suhu tubuh turun dan menarik keringat dari kulit.

2. Mematikan semua lampu dan peralatan elektronik

ruang yang gelap akan membuat otak berfikir bahwa sudah waktunya untuk tidur, sehingga ia akan melepaskan hormon yang menginduksi rasa kantuk. Jika kamar terlalu terang dan menatap layar televisi bisa menunda pelepasan hormon tersebut, dan mencegah untuk anda bisa tertidur. Untuk mengatasi hal ini, anda harus menjaga agar kamar tidur anda gelap, mungkin anda bisa mematikan perangkat elektronik setidak nya satu jam sebelum tidur. Hindari menempatkan jam yang bersuara serta mudah terlihat, karena hal ini akan menambah kecemasan jika anda sedang sulit tidur dan menatap jam yang sudah dinihari.

3.  Menggunakan bantal dan kasur yang nyaman

Tempat tidur yang terasas tidak nyaman bisa membuat anda kesulitan untuk tidur. Fikirkan untuk mengganti bantal, kasur bahkan sprei anda dengan yang baru, yang lebih terasa lembut dan nyaman. Cucilah sprei anda dan jemur bantal dan kasur secara rutin, karena ini akan menjaga rasa nyaman anda ketika berbaring.

4. Menggunakan aroma minyak esensial

Sesuatu seperti bau minyak esensial bisa membantu tubuh dan fikiran anda rileks. Menurut beberapa penelitian, Lavender adalah minyak esensial nomor satu untuk mendorong tidur nyenyak. Taburkan beberapa tetes minyak lavender pada sehelai kain dan di bawah sarung bantal anda. Anda juga bisa mengencerkan beberapa tetes minyak ke dalam air, dan tempatkan dalam diffuser di kamar tidur anda. Minyak atsiri bergamor, Marjoram, Cendana dan Geranium adalah minyak aromaterapi lain yang bisa anda pilih.

5. Kamar tidur bebas berisik

Suara berisik sudah pasti sangat mengganggu untuk bisa tertidur. Lakukan yang terbaik untuk menjaga kamar tidur anda tenang dan sedamai mungkin, dengan menutup pintu dan jendela atau meminta teman serumah untuk mengecilkan televisi.

6. Berendam air hangat

Berendam dalam air hangat sebelum tidur adalah salah satu metode yang sudah teruji bisa membuat tertidur lebih cepat. Yang pertama karena mandi membantu mengurangi stress dan membantu membersihkan pikiran. Dan yang kedua, mandi air panas akan meningkatkan suhu tubuh anda, dan kemudian turun dengan cepat ketika selesai. Hal ini akan memicu tubuh untuk melepaskan hormon yang mendinginkan ketika saatnya untuk tidur. Berendamlah selama 20 menit kedalam air hangat, bisa dengan menambahkan minyak seperti Lavender dan Chamomile.

7. Melakukan beberapa peregangan

Melakukan peregangan sederhana sebelu mtidur bisa membanti melepaskan keteganan pada otot dan membuat tubuh merasa rileks untuk tidur. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa membentangkan tubuh bagian atas dan bawah selama 15 sampai 30 menit sebelum tidur, akan mengalami penurunan masalaha tidur sebesar 30%.

8.Memakai piyama yang nyaman

Nyaman di tempat tidur adalah penting agar bisa tertidur dengan cepat, sehingga mengenakan piyama yang nyaman juga sangat penting. Hindari piyama yang terlalu ketat, terbuat dari bahan yang tidak nyaman, atau memiliki kancing yang akan mengganjal saat tidur. Pilih piyama yang longgar dan lembut, yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

9. Berkhayal

Memikirkan sesuatu yang menenangkan atau menyenangkan dalam fikiran bisa menjadi cara yang bagus untuk mengalihkan perhatian anda. Pikiranlah laut, pelangi, pulau atau apapun yang bisa membuat anda merasa bahagia dan damai.

10. Olahraga teratur

Latihan atau olahraga yang dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu bisa membantu untuk mudah tertidur, serta secara signifikan juga meningkatkan kualitas tidur anda. Cobalah olahraga seperti aerobik, berjalan, berenang atau bersepeda, di samping itu juga banyak manfaat bagi kesehatan.. Berolahraga pada pagi hari, jika mungkin tiga jam sebelum waktu tidur.

11. Mengatur jadwal tidur

Menyiapkan jadwal tidur yang terdefinisi dengan baik benar-benar bisa membantu untuk mengatur pola tidur anda. Cobalah untuk bangun dan pergi tidur pada waktu yang sama setiap hari, setidaknya pada hari-hari kerja. Seiring dengan waktu, hal ini akan memungkinkan jam biologis tubuh anda secara alami mengenali kapan saatnya untuk pergi tidur, sehingga membantu anda untuk tertidur lebih cepat.

12. Kunjungi dokter

Jika beberapa tips cara agar tertidur di atas tidak ada yang membantu, serta anda takut dengan kemungkinan anda menderita insomnia atau sleep apnea, mungkin saatnya bagi anda untuk berkonsultasi kepada ahli kesehatan. Mereka bisa menilai pola tidur anda dan menentukan tindakan yang terbaik, yang bisa apa saja termasuk memberikan resep minum obat tidur.

 

Semoga cara dan tips di atas bisa membantu para SeBer semua dalam mengatasi hal sulit tidur..

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s