Tips membuat surat pengunduran diri / resign

SebarBertia – Membuat surat pengunduran diri adalah akhir dari perjalanan Anda di sebuah pekerjaan untuk melanjutkan awal karir baru di tempat lain. Oleh karena itu agar hubungan dengan perusahaan yang ditinggal tetap terjalin baik, jangan sampai terjadi kesalahan dalam menuliskannya.

Dalam menulis surat pengunduran diri tidak perlu merangkai kata-kata yang indah, tuliskan secara simpel dan sederhana saja. Ini karena untuk berbagai lain seperti alasan pengunduran diri (yg sebenarnya), kalimat perpisahan, kesan pesan dan tetek bengek lainnya sebaiknya dilakukan secara personal ke atasan ataupun rekan kerja. Silahkan simak contoh surat pengunduran diri berikut.

Membuat surat pengunduran diri: 1. Awalan

Awali dengan kata sambutan kepada orang yang akan menerima surat pengunduran diri. Kemudian tuliskan nama, jabatan dan juga tanggal kamu berhenti bekerja. (Tidak perlu menuliskan alasan pengunduran pekerjaan yang bisa membuat terjadi tawar-menawar seperti gaji kurang, fasilitas yg kurang memadai,dll).


Yang terhormat Bapak / Ibu …..,

Melalui surat ini saya (nama lengkap) dari bagian (sebutkan posisi kamu) ingin memberitahukan bahwa saya akan mengundurkan diri dari PT. (nama perusahaan) dan mulai berhenti bekerja pada tanggal …(tanggal berhenti– tergantung persetujuan / aturan perusahaan).


surat-pengunduran-diri.jpg

Membuat surat pengunduran diri: 2. Terimakasih

Di bagian kedua, kamu menuliskan ucapan terimakasih karena telah diberi kesempatan untuk bekerja dan berkembang di perusahaan. Jangan pernah menuliskan kekesalan, kemarahan, umpatan ataupun kelegaan karena akhirnya kamu dapat keluar dari perusahaan dalam surat pengunduran diri. Karena meskipun kamu kesal bekerja disitu, lebih banyak kerugian yang nantinya akan kamu dapat kedepannya.


Terimakasih telah memberi saya kesempatan bekerja di (nama perusahaan) selama lebih dari (sebutkan durasi lama Anda bekerja). Saya sangat menghargai support, pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama bekerja di (nama bagian).


Menulis surat pengunduran diri: 3. Tawarkan Bantuan

Di bagian akhir surat pengunduran diri, ungkapkan kesediaan untuk membantu dalam proses transisi pergantian karyawan.

Tidak perlu secara detail menyebutkan jenis bantuannya dan jangan menjanjikan hal yang tidak bisa kamu tepati. Akhiri surat pengunduran diri dengan kalimat penutup, kemudian tuliskan nama dan posisi/jabatan pekerjaan.


Sampai hari terakhir saya bekerja, saya akan tetap berusaha keras mengerjakan kewajiban serta menyelesaikan pekerjaan saya. Dan bila diperlukan akan memberikan pelatihan kepada pengganti saya sehingga proses transisi berjalan lancar.

Saya harap (nama perusahaan) dapat terus sukses dan kedepannya kita tetap dapat berhubungan baik.

Tertanda,
(nama)

(Posisi / jabatan)


Contoh surat pengunduran diri diatas dapat digunakan sebagai dasar dalam penulisan surat resign Anda. Ubah dan sesuaikan isinya sesuai kondisi dan kebiasaan dalam perusahaan.

Tips menulis surat pengunduran diri

  • Pastikan kamu sudah mendapatkan pekerjaan lain sebelum resign, jangan sampai kamu baru menulis surat lamaran kerja atau belum pasti bekerja di tempat lain.
  • Tulis secara ringkas, simpel dan jelas tanpa ada interpretasi yang berbeda.
  • Jangan emosi dan menuliskan kekesalan, keluhan, kemarahan atau apa pun juga yang bisa membuat hubungan dengan perusahaan menjadi buruk.
  • Mengetahui kebijakan perusahaan mengenai pengunduran diri. (Biasanya pemberitahuan pengunduran diri karyawan adalah minimal 2 minggu sebelumnya)

 

Semoga Tips di atas membantu SeBer sekalian yaa

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s