5 Tips Membersihkan Kotoran di Keyboard Komputer dan Laptop

shutterstock_94537735-e1363951126841.jpg

SebarBerita – Tahukah Anda bahwa keyboard komputer atau laptop Anda di kantor atau di rumah bisa menjadi gudang kuman yang dapat menimbulkan beragam penyakit? Bahkan menurut penelitian di Inggris, bakteri yang ada di keyboard lima kali lebih kotor dari toilet! Seorang ahli mikrobiologi James Francis menemukan fakta ini setelah menguji 33 keyboard, dudukan toilet dan gagang pintu toilet di sebuah kantor di London.

Memang hasil tes sederhana ini tidak bisa disamakan untuk setiap keyboard yang ada di dunia. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa rutinitas sehari-hari yang Anda pikir aman ternyata bisa mengganggu kesehatan Anda. Keyboard mudah terkontaminasi kuman ketika Anda sering makan di meja kerja Anda, umumnya banyak sisa-sisa makanan yang tidak sengaja menempel di keyboard. Selain rutin membersihkan keyboard, jangan lupa untuk selalu rutin mencuci bersih tangan Anda. Berikut ini 5 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan keyboard komputer dan laptop Anda.

Periksa Petunjuk Penggunaan

Biasanya cara membersihkan keyboard laptop disertakan dalam dus pembelian, periksa bagian tersebut di petunjuk manual, ikuti jika ada instruksi tertera yang spesifik untuk membersihkan keyboard laptop. Bila tidak ada, Anda bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini, yakni tips dasar dalam membersihkan keyboard. Ingat dalam melakukan hal ini pastikan laptop atau komputer Anda tidak dalam keadaan menyala.

 

Buang Remah-Remahan di Keyboard

Seringkali remahan sisa biskuit dan makanan lainnya menyumbat tombol keyboard sehingga sulit ditekan. Untuk itu Anda perlu membalik keyboard dan goyang perlahan agar remahan yang tersangkut jatuh.

Gunakan Kompresor Udara

Jika remahan tersebut masih menyelip juga, gunakanlah kompresor udara. Alat ini bisa dibeli di toko komputer. Semprotkan udara di sela-sela tombol untuk menggeluarkan debu-debu yang terjebak di bawah tombol.

Gunakan Alkohol atau Cairan Pembersih Elektronik

Basahi kapas atau kain halus dengan cairan alkohol atau pembersih untuk mengangkat kotoran dari permukaan keyboard. Usap tombol berulang-ulang agar kuman benar-benar terangkat.

Gunakan Pelindung Keyboard

Setelah dibersihkan, untuk mengantisipasi masuknya kotoran baru ke dalam keyboardgunakan pelindung keyboard. Pelindung ini bermanfaat untuk melindungi keyboard dari debu yang masuk ke sela-sela tombol.

Semoga tips di atas membantu & bermanfaat untuk para SeBer semua..

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s